Aneka Resep Obat Ramuan Tradisional Herbal Alami Berasal Dari Tanaman atau Tumbuhan yang Berkhasiat Untuk Mengobati Segala Macam Jenis Penyakit

Obat Batuk

Artikel terkait : Obat Batuk

Perubahan cuaca ekstrem bisa memicu munculnya berbagai penyakit. Salah satunya, batuk.Batuk merupakan wujud refleks fisiologi yang dilakukan tubuh untuk melindungi dari benda-benda asing yang masuk ke tenggorokan.

Dengan mudah kita dapat menemukan beragam obat batuk di pasaran. Namun, tak ada salahnya bila Anda mencoba obat batuk yang berasal dari herbal, yang bahan-bahannya bisa dengan mudah ditemukan di dapur. Amerikanki menyajikan enam obat tradisional yang dipercaya bisa meredakan batuk.

Ektrak Jeruk Nipis
Jeruk nipis mengandung komponen kimia, di antaranya minyak atsiri sebanyak 7 persen. Senyawa tersebut mampu mengendalikan otot saluran pernafasan agar tidak tegang akibat batuk. Sedikit catatan, menggunakan jeruk nipis untuk meredakan batuk tidak disarankan bagi penderita maag karena dapat memicu kambuhnya maag.

Kencur
Menurut penelitian, kencur berkhasiat sebagai antiinflamasi, mengurangi rasa sakit, dan menjadi salah satu herbal yang bisa mengendalikan tekanan darah. Nyatanya, bumbu dapur yang memiliki nama latin Kaempferia Galanga ini juga bisa menjadi obat batuk. Caranya mudah. Cuci bersih kencur, kemudian kunyah.

Jahe
Jahe, baik jahe biasa maupun jahe merah, dipercaya bisa meredakan batuk. Berdasarkan penelitian, dalam komponen jahe terdapat minyak atsiri yang mengandung senyawa terpenoid zingiberol, gingerol, dan shaogaol yang berfungsi sebagai obat. Caranya, rebus dan seduh jahe dengan air panas, kemudian minum hangat-hangat. Selain meredakan batuk, minuman ini juga bisa membuat tubuh lebih hangat.

Ekstrak Biji Pala
Hampir semua bagian dari pala memiliki manfaat kesehatan. Mulai dari biji, daging buah, hingga minyak atsirinya. Memiliki berbagai senyawa kimia, pala diyakini memiliki efek penenang yang bisa menimbulkan kantuk bagi yang mengonsumsinya. Khasiat inilah yangnsering digunakan sebagai campuran bahan obat batuk, mengingat  penderita batuk biasanya juga mengalami gangguan tidur. Dengan campuran senyawa ini, penderita batuk diharapkan bisa beristirahat sehingga batuk pun bisa mereda.

Mint
Telah beredar di pasaran, obat batuk (baik cair maupun kaplet) rasa mint. Hal tersebut, sebetulnya bukan semata-mata campuran yang bisa menghilangkan rasa pahit, tetapi juga sebagai bahan yang mampu meredakan batuk. Selain itu, efek segarnya pun mampu melegakan pernafasan.

Akar Manis
Akar manis dimetahui memiliki khasiat farmakologi yang luas sejak 2.100 SM. Akar manis, atau dalam bahasa ilmiah disebut Liquorice, terbukti mampu mengencerkan dahak. Untuk menggunakannya, rebus beberapa kayu manis dalam air secukupnya, hingga mendidih. Kemudian, minum airnya.

Artikel Aneka Informasi Obat Herbal Alami Lainnya :

Copyright © 2015 Aneka Informasi Obat Herbal Alami | Design by Bamz